Transportasi di Paris

Published by Humas PPI Prancis on

Kota Paris merupakan kota tujuan utama para tourist sebagai tujuan wisata. Tak salah jika transportasi di Paris menjadi poin utama bagi pemerintahan Paris untuk selalu diperhatikan, diperbaiki, dan ditingkatkan.

Di wilayah Paris, terdapat dua perusahaan besar yang mengelola transportasi umum: RATP (untuk wilayah Paris dan sekitarnya) dan SNCF(melayani seluruh Perancis).

Lantas apa saja transportasi umum yang tersedia di Paris, sebagai ibukota negara Prancis?

Métro

Comment prendre le métro ?

Untuk memilih metro apa yang tepat ketika dalam berpergian, maka anda bisa melihat peta metro yang tersedia hampir semua di bagian informasi di setiap stasiun. Dalam peta tersebut, anda harus melihat line yang melalui stasiun yang Anda inginkan. Misalnya metro 12 melayani dari Mairie d’ Issy stasiun dan Porte de Versailles . Jumlah line metro yang terdapat di kota Paris adalah 13 line yang melayani hampir 300 stasiun.

Comment acheter un ticket de métro ?

Anda akan menemukan tempat penjualan tiket metro di stasiun counter atau mesin tiket . Tapi perlu diketahui bahwa membeli 10 tiket lebih murah daripada 1 tiket tunggal.

1 tiket single trip bisa Anda beli dengan harga 1.7 euros, sementara untuk 10 tiket, hanya 13.30 euros.

Dengan satu tiket ini, Anda dapat menggunakannya untuk mengakses seluruh metro di Paris. Selain itu Anda juga dapat menggunakannya untuk RER ( dalam bagian Paris daerah perkotaan ), bus dan tram (satu perjalanan saja)

Le RER (Réseau Express Régional)

RER adalah jaringan kereta api cepat yang menghubungkan Paris dan pinggiran nya .

Comment prendre le RER ?

Ada 5 jalur RER . Ditandai dengan huruf A , B , C , D dan E.

Untuk menggunakan RER , Anda harus memeriksa : line ( misalnya A) , layanan ( Marne – la- Vallée – Chessy atau Torcy ) dan stasiun ( Noisy- Champs). Tapi perlu diperhatikan sebelum menaiki RER, untuk memeriksa dan melihat layar informasi di setiap stasiun apakan stasiun yang kita tuju dilayani oleh RER atau tidak. Karena memang tidak semua stasiun akan dilayani oleh RER yang kita ambil.

Comment acheter un ticket de RER ?

Tiket RER dapat dibeli di stasiun metro atau di stasiun RER. Ketika Anda meninggalkan daerah Paris, Anda harus menentukan tujuan yang tepat Anda dan memperhatikan line yang dilayani RER.

Les forfaits

Jika Anda secara teratur menggunakan transportasi umum, maka akan menguntungkan untuk memilih paket selama seminggu, sebulan  (fortaitsNavigo) atau tahunan (fortait Intégrale).Jika Anda berada di bawah 26, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari forfait Imagine R, berlaku untuk satu tahun. Bayangkan carte Imagine R mencakup banyak manfaat lainnya dan sangat dianjurkan bagi siswa.

Harga bervariasi tergantung pada zona yang dipilih, misalnya untuk zone 3-4 akan dikenai biaya 34.00 euros per bulan.

SNCF

Ada enam stasiun di Paris (outline). Kereta ini menghubungkan pinggiran kota Paris, provinsi atau negara asing..

  • La gare Saint-Lazare : l’Ouest de la France et la Normandie.
  • La gare du Nord : le Nord de la France et les pays du Nord de l’Europe (Pays-Bas, Belgique, Allemagne), la Grande-Bretagne.
  • La gare de l’Est : l’Est de la France et les pays de l’Est de l’Europe (Allemagne, Luxembourg).
  • La gare d’Austerlitz : le Sud-Ouest de la France et l’Espagne.
  • La gare de Lyon : le Sud et le Sud-Est de la France, l’Italie.
  • La gare Montparnasse : l’Ouest et le Sud-Ouest de la France.

Untuk perjalanan jarak jauh, SNCF telah menciptakan la carte 12/25. Kartu ini bisa Anda beli seharga € 50 dan memungkinkan Anda untuk melakukan perjalanan dengan kereta ini (semua wilayah Prancis – London) dengan mendapatkan potongan hampir setengah harga.

Le Noctilien

Bus ini juga akan melayani penumpang di malam hari setelah metro dan RER berhenti beroperasi. Bus ini akan menghubungkan jalan-jalan utama Paris dan sekitarnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang rute, tarif dan frekuensi keberangkatan: www.noctilien.fr

 *ditulis oleh Fadhilah Muslim

Categories: TipsTravel

2 Comments

Pandu Setiadi · September 10, 2019 at 5:55 am

Selamat siang, saya rencana mau backpacker ke Paris 1 keluarga dengan 2 anak (total 4 orang) dan rencana tinggal di area clichy batignoles 4 hari 3 malam, jadwal saya 2 hari untuk wisata di sekitar central paris dan 1 hari ke disneyland, saya mau tanya mengenai “1 tiket single trip bisa Anda beli dengan harga 1.7 euros, sementara untuk 10 tiket, hanya 13.30 euros.” Ini belinya hanya ada di stasiun besar ya? Bisakah beli di halte bis?

Oh ya ini berarti 1 tiket untuk 1 orang dan 1 kali naik bis/kereta di sekitar central paris kah? Kalau untuk ke Disneyland pp berapakah kisaran tiket keretanya? Anak saya 7 dan 11 tahun.

Terima kasih atas bantuannya

    Ridho Utomo · September 21, 2019 at 9:16 pm

    Untuk tiket, apabila single trip benar hanya digunakan sekali apabila itu menyambung ke bis dari metro itu tetap diitung satu. Bisa dimasukkan kembali. Disneyland PP orang dewasa sekitar 10 euro dan naik RER C kalau tidak salah. Bisa dibeli di stasiun manapun. Halte bis terkadang tidak ada lebih baik halte metro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *