[PPI Alsace] Journée du sport PPI Alsace

Published by Humas PPI Prancis on

Halo matahari pagi, di Sabtu pagi yang cerah ini kita berhasil melaksanakan olahraga bersama, anti malas edisi ke-2 bersama para pelajar Indonesia. Kegiatan ini diadakan di tempat yang sama dengan sebelumnya yaitu di Parc de la Citadelle, Strasbourg.

Seperti biasa kegiatan kita mulai dengan pemanasan ringan yang dipimpin oleh Kak Ari, meskipun mimin terlambat namun suasana tampak begitu tertib ketika tiba di TKP. Dan dilanjutkan dengan jogging satu putaran, aduh heboh memang nafas kita setelah sekian lama tak terbiasa melincahkan otot-otot yang kaku.

Jogging dulu sebelum mulai olahraga

Masuklah kita ke sesi olah raga yang diawali dengan tanding basket tiga lawan tiga. Aturan permainannya sangatlah mudah, untuk menentukan grup kita gunakan sistem hompimpah seperti biasa. Dan yang pertama memegang bola adalah grup yang berhasil memasukan bola ke dalam ring. Selain itu pelajaran yang dapat mimin dapat dalam sesi ini yaitu teknik dasar dalam permainan bola basket. Permainan ini dilakukan secara bergantian pemain, agar adil.

Selanjutnya kita sambung dengan olahraga bebas, dibagi menjadi 3 jenis olahraga, yoga yang dibimbing oleh Kak Reta, tenis meja dengan Liwa dan Furqan, lalu badminton. Sesi yoga diisi dengan gerakan-gerakan dasar dan mengatur pernapasan (respirer « tarik napas », expirer « buang napas ») kita melakukan hal tersebut bergantian setiap perubahan posisi. Sedangkan pingpong dilakukan bersama anak-anak dan bapak-bapak di taman. Selain itu ada juga badminton dengan bermain tunggal yaitu satu lawan satu.

Badminton dan pingpong yuk!

Kegiatan ini sangat membantu mengembalikan kebugaran kita kembali, seperti melemaskan otot-otot yang telah kaku, masalah punggung yang diakibatkan terlalu lama duduk atau salah posisi duduk. Berguna sekali apalagi untuk kita para pelajar yang sering duduk berlama lama mengerjakan tugas dan lain sebagainya. Mengatur pernapasan dan melatih konsentrasi memperkirakan jarak serta melatih ketepatan dan kelincahan juga menjadi manfaat utama kegiatan ini. Kegiatan ini kami akhiri dengan sedikit diskusi. Harapan mimin kedepannya bisa tetap disiplin olahraga, 10 menit-pun sudah lebih dari cukup minimal 3 kali dalam seminggu. Selain itu, setiap pertemuan diadakan juga kegiatan diskusi agar pengetahuan mimin meningkat.

Selesai olahraga jangan lupa mandi agar tidak masuk angin! Salam olahraga!

Laporan kegiatan oleh Hydra Oliviani, PPI Alsace


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *