[PPI Alsace] Randonnée PPI Alsace ke Ribeauvillé

Published by Humas PPI Prancis on

Halo semuanya!
Tanggal 30 Maret kemarin, PPI Alsace mengadakan acara hiking (randonnée) bareng ke Ribeauvillé. Kota cantik ini katanya sih menjadi inspirasi untuk setting desa di film Beauty and the Beast lho!

Ribeauvillé dan ketiga kastilnya. Foto: Arnadi Mutiyoso

Dengan mengikuti petunjuk hiking sebagaimana telah dijelaskan di artikel HIDEAL sebelumnya, kami memulai perjalanan dari stasiun Strasbourg. Ternyata cukup ramai juga peminatnya, ada total 11 orang yang ikut di acara kali ini. Pastinya selain destinasi hiking yang menarik, cuaca hari itu yang sangat cerah di awal musim semi juga ikut membuat acara itu banyak diminati. Kami kemudian mengambil kereta TER ke arah Séléstat pada pukul 7.51 tepat. Dari Séléstat, sebuah bis sudah menunggu kami di luar stasiun yang akan membawa kami semua ke desa Ribeauvillé.

Setibanya di Ribeauvillé sekitar pukul 9, kami langsung berjalan ke arah kastil pertama yang akan kami kunjungi: Château Saint-Ulrich. Jalur hiking yang terletak di pojok barat desa ini cukup menanjak, tapi karena cuaca cerah kami sangat menikmati jalur yang indah di samping kebun anggur ini.

Jalur pendakian yang cukup menanjak. Foto: Arnadi Mutiyoso
Bertemu gazebo kecil setengah perjalanan. Foto dulu dong! Foto: Ari Saputra

Setelah jalur pendakian yang walaupun menanjak tapi tidak terlalu jauh, kami sampai di Chatêau Saint-Ulrich. Menurut papan penjelasan, kastil ini sudah ada dari abad ke-11! Kami pun sempat berdiskusi tentang sejarah, kira-kira pada abad ke-11 di Indonesia sedang zaman apa? Lebih tua mana sih sama Borobudur? Ngapain ya orang zaman dahulu itu bawa-bawa batu naik gunung buat dibangun kastil? Seru!

Salah satu reruntuhan tembok kastil. Foto: Arnadi Mutiyoso
Pemandangan dari atas kastil. Foto: Arnadi Mutiyoso

Sesampainya di kastil, ternyata masih bisa naik lagi ke menara donjon. Tapi hati-hati ya, tangganya terbuat dari kayu dan perlu naik/turun pelan-pelan. Tapi sampai di atas, kami disuguhkan pemandangan 360 derajat desa Ribeauvillé dan sekitarnya.

Foto grup wajib di puncak menara donjon. Foto: Erlin Christiana

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke kastil yang berada di sebelahnya, Château Girsberg. Kastil yang satu ini tidak sebesar Saint-Ulrich, tapi tetap memukau karena dibangun di puncak tebing batu curam.

Château Girsberg dilihat dari puncak donjon Château Saint-Ulrich. Foto: Ari Saputra
Sebaliknya, Château Saint-Ulrich dilihat dari Château Girsberg. Foto: Ari Saputra

Setelah puas melihat-lihat kedua kastil, kami memutuskan untuk makan siang di meja piknik yang disediakan di dekat Château Girsberg, sebelum berjalan kembali ke Ribeauvillé. Kami tiba di Ribeauvillé lagi sekitar pukul 13. Karena bis untuk pulang ke Strasbourg baru datang pukul 14.30, kami memutuskan untuk jalan-jalan sedikit melihat-lihat desa cantik ini, sambil tidak lupa makan es krim!

“Kali-nya jernih banget!”, “Iya ya!”, “Pengen nyelupin kaki rasanya gue!”. Foto: Hydra Oliviani

Terakhir, sambil menunggu bis, kami pun beristirahat sambil duduk-duduk di taman di depan halte bus. Kebetulan karena sedang musim semi, ada pohon magnolia yang sedang mekar. Kami duduk-duduk deh di rumput di bawah pohon cantik ciamik ini!

Lesehan bawah pohon magnolia. Foto: Rosy Pancasari

Kami pun naik bis kembali ke Séléstat, dan dilanjutkan naik TER pulang ke Strasbourg. Kami tiba kembali di Strasbourg sekitar pukul 16. Secara keseluruhan, acara hiking kali ini berjalan super lancar, didukung cuaca yang bagus banget. Tunggu liputan acara hiking berikutnya ya!!

Laporan kegiatan oleh Arnadi Mutiyoso, PPI Alsace
(Foto oleh Arnadi Murtiyoso, Ari Saputra, Rosy Pancasari, Erlin Christiana, dan Hydra Oliviani)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *