Surat Pernyataan Sikap PPI Prancis terhadap Isu yang terjadi di Indonesia

Published by Humas PPI Prancis on

24 September 2019

No.                  : 01/PPI Prancis/IX/2019                                                       

Perihal             : Pernyataan Sikap PPI Prancis terhadap isu yang terjadi di Indonesia

Salam Perhimpunan,

Pengesahan Revisi UU KPK menimbulkan keresahan yang tidak hanya dirasakan oleh masyarakat dalam negeri, namun dirasakan pula oleh kami, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Prancis. Hal ini berkaitan pula dengan seiringnya pengesahan Revisi UU KPK, rencana pengesahan RKUHP, RUU Pertanahan, serta RUU Minerba yang mengecam hakikat hidup masyarakat luas.

Tak hanya itu, keresahan kami diperburuk oleh sejumlah isu lainnya yakni lambannya penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di sejumlah wilayah di Indonesia, proses legislasi UU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS), serta pendekatan represif terhadap masalah Papua. Hal tersebut menjadi bukti nyata bahwa keputusan-keputusan yang dibuat oleh DPR serta Presiden Joko Widodo seakan memiliki kepentingan yang merugikan masyarakat luas serta mencoreng hidupnya demokrasi di Indonesia.

Dengan ini, kami, PPI Prancis, menyatakan bahwa:

  1. Menolak Revisi UU KPK yang melenyapkan fungsi KPK serta mengancam pemberantasan korupsi di Indonesia.
  2. Menuntut Presiden Joko Widodo untuk menepati hasil kampanye dalam mendukung pemberantasan korupsi dengan bentuk mengeluarkan Perppu terhadap UU KPK.
  3. Menolak keputusan DPRdalam pengesahan Revisi UU KPK, pasal-pasal bermasalah pada Rancangan RKUHP, RUU Pertanahan serta RUU Minerba yang memiliki dampak buruk terhadap masyarakat luas dan mencederai demokrasi di Indonesia.
  4. Menuntut DPR menjalani fungsinya sebagai Dewan Perwakilan Rakyat dengan mendengarkan aspirasi masyarakat  seperti seruan untuk mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS). Sehingga, DPR harus mengatur agenda legislasi tanpa ada kepentingan tersendiri.
  5. Menuntut Presiden untuk menangani Karhutla dengan sungguh-sungguh dan memberikan penanganan yang tegas bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan serta mendukung langkah preventif sehingga hal tersebut tidak terulang kembali.
  6. Mengecam pendekatan represif oleh pemerintah dan aparat keamanan terhadap masalah Papua dan menyerukan dialog yang mengedepankan kemanusiaan, kejujuran, serta solusi perdamaian bagi rakyat Papua.
  7. Menyerukan seluruh lapisan masyarakat, mahasiswa, pelajar dan diaspora Indonesia di luar negeri, untuk menunjukan aksi solidaritas dalam agenda penyelamatan KPK, penuntasan amanat reformasi, dan penguatan demokrasi di Indonesia.
  8. Mengecam tindakan represif aparat keamanan terhadap aksi massa mahasiswa dan masyarakat sipil di Indonesia.

Sikap ini merupakan tanggung jawab moral sebagai anak bangsa Indonesia untuk terus mengawal amanat konstitusi, cita-cita reformasi, kemanusiaan, dan semangat demokrasi Indonesia. Demikian pernyataan ini kami buat.

Panjang umur perlawanan! Salam perhimpunan!

Menyetujui,

Ketua PPI Prancis

Ridho Indawan Utomo


1 Comment

Arni Sholihah · September 25, 2019 at 3:11 pm

Thanks for representing us!

Semoga pemerintah bisa bergerak cepat dan bijak, DPR segera tobat, mahasiswa selamat,,, Selamat menyampaikan dan mencapai goal nya tanpa tunggangan.
Semoga demokrasi dan kepentingan rakyat Indonesia bisa diamankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *