9 BEASISWA YANG BISA KAMU DAPATKAN UNTUK KULIAH DI PRANCIS

Published by Humas PPI Prancis on

Kuliah di Prancis merupakan dambaan bagi sebagian pelajar Indonesia. Kualitas pendidikan yang bagus, fasilitas pendukung yang keren, budaya yang kaya, dan pemerintah Prancis yang sangat welcome untuk memanjakan seseorang yang kuliah di Prancis dengan bermacam-macam subsidi menjadikan daya tarik tersendiri.

Tapi, sebagian mahasiswa memilik mengundurkan diri ketika dihadapkan dengan biaya hidup yang mahal. Tapi tenang, ada banyak beasiswa yang tersedia untuk bisa melanjutkan kuliah di Prancis loh. Mungkin salah satu rezeki kamu memang ada di sini. Cek satu per satu ya :

Emile-Boutmy Scholarship

Beasiswa yang ditujukan kepada pelajar S1 atau S2 di kampus Science Po yang berasal dari negara di luar Uni Eropa. Besaran nominal beasiswa S1 bermacam-macam sesuai keputusan juri dari potongan tuition fee 3000 euros sampai 7.300 euro dan biaya hidup sebesar 5.000 euro per tahun. Sedangkan untuk program master yaitu potongan tuition fee sebesar 10.000 euro dan biaya hidup sebesar 5.000 euro per tahun selama 2 tahun kuliah.

Info lebih lengkap : https://www.sciencespo.fr/students/en/fees-funding/financial-aid/emile-boutmy-scholarship.html

Beasiswa IFA Paris

Untuk kamu yang ingin sekolah bidang mode, sekolah desain IFA(International Fashion Academy) Paris memberikan tiga jenis beasiswa yang bisa kamu dapatkan yakni full, excelence dan Distinction (biaya tanggungan berbeda) untuk program S1 dan S2. Syarat utamanya adalah memiliki kratifitas dalam bidang desain dan tertarik dalam dunia fashion.

Program S1 dan S2 yang disediakan oleh IFA Paris adalah sebagai berikut:

Program S1 (Undergraduate)
1. Bachelor Fashion Design & Technology
2. Bachelor Visual Merchandising
3. Bachelor Fashion Marketing

Program S2 (Master)
1. Master of Arts Contemporary Fashion Design
2. MBA Luxury Brand Management
3. MBA Fashion Business
4. MBA Global Fashion Media
5.
MBA Perfume & Cosmetics Management

Info lebih lanjut : https://www.ifaparis.com/admissions/scholarships

Beasiswa Teknik Dirgantara

Beasiswa MBDA Program of Excellence for Indonesia adalah beasiswa dari perusahaan MBDA untuk mahasiswa S1 yang ingin kuliah di ISAE Supaero di Toulouse, Prancis. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan biaya hidup sebesar 8000 euro per tahun. Pendaftat beasiswa ini adalah mereka yang memiliki latar belakang S1 berasal dari Teknik Mekanik, Teknik listrik, Teknik Penerbangan, Fisika, dan lain-lain dengan IPK minimal 3.00.

Artikel terkait : https://www.prancis.ppi.id/2019/10/06/beasiswa-kuliah-teknik-dirgantara-di-toulouse/

Beasiswa Excellence Ampère (EA)

Beasiswa ini ditujukan khusus untuk yang ingin melanjutkan S2 di École Normale Supérieure de Lyon (ENS Lyon). Beasiswa ini memberikan 1000 euro per bulan yang ditransfer selama 3 bulan sekali selama setahun di bulan Oktober, Februari, dan Juni. Pendaftaran beasiswa biasanya pada bulan November dan ditutup pada bulan Desember atau Januari.

Dokumen yang disiapkan antara lain : CV, surat motivasi, proyek riset, sertifikat bahasa prancis DELF B2, dan dua surat rekomendasi dengan format yang ditentukan. Proses seleksi tidak dikenakan biaya sama sekali, dan pengumuman penerimaan beasiswa bisanya di bulan Maret.

Artikel terkait : https://www.prancis.ppi.id/2018/09/12/mengenal-lebih-dekat-beasiswa-excellence-ampere/

Beasiswa Dual Degree Program FEB UGM

Jika kalian berasal dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis di Universitas Gadjah Mada kamu bisa ikut program dual degree dengan beberapa Perguruan Tinggi di Prancis. Beasiswa ini berlaku untuk tingkat Licence dan juga Master yang menjalankan studinya di Toulouse Business School (Toulouse), atau di Ecole Superieure de Commerce Clermont (Clermont-Ferrand).

Selama studi di instansi tersebut kamu akan dicover penuh biaya kuliahnya. Dan disamping itu, beasiswa ini masih boleh untuk dipadukan dengan beasiswa lainnya (berdasarkan statistik, mayoritas mengkombinasikan beasiswa ini dengan Bourse d’Excellence dari IFI). Di UGM sendiri kadang membuka peluang beasiswa lainnya untuk ditumpuk dengan beasiswa dual degree ini (jika sedang ada tawaran tertentu umumnya dipajang di mading kampus).

Persyaratan beasiswa ini:

– Mahasiswa Universitas Gadjah Mada program Internasional

– Telah mencapai tahun akhir di program studinya di UGM dan tidak memiliki hutang mata kuliah wajib

– Seleksi berdasarkan prestasi akademik sementara

– Tahap berikutnya yakni interview dengan pimpinan fakultas

Beasiswa Eiffel

Beasiswa ini disediakan Pemerintah Perancis bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi pascasarjana (S2/S3) mereka di lembaga perguruan tinggi Perancis.

Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa ini, kamu bisa mendapatkan tunjangan bulanan sebesar 1.181 euro untuk S2 dan 1.400 euro untuk doctoral. Kemudian disediakan tiket pesawat pulang-pergi, transportasi lokal, jaminan sosial, asuransi kesehatan, kegiatan budaya, serta memungkinkan memperoleh tunjangan perumahan. 

Hal yang perlu diperhatikan adalah bukan kita yang mengajukan diri untuk mendapatkan beasiswa. Tapi, pihak kampuslah yang mendaftarkan dirimu untuk mendapatkan pendanaan dari beasiswa Eiffel. Jadi, kamu harus keterima dulu di Lembaga tinggi di Prancis, kamu dapatkan LoA (surat penerimaan), lalu mintalah pihak kampus untuk memasukkan dirimu sebagai kandidat yang layak untuk mendapatkan beasiswa ini.

Informasi lebih lanjut : https://www.campusfrance.org/en/eiffel-scholarship-program-of-excellence

Beasiswa Erasmus+

Beasiswa Erasmus + adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Uni Eropa untuk pendidikan, pelatihan, kepemudaan dan olahraga yang ditujukan untuk siswa non-Eropa. Beasiswa ini ditujukan kepada mereka yang ingin kuliah di eropa, termasuk Prancis. Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa ini, jumlah dana yang diberikan adalah 24.000 euro untuk satu tahun Master, 48.000 Euro untuk program dua tahun Master.

Informasi lebih lanjut : https://www.campusfrance.org/en/European-Erasmus-plus-programme

Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pemerintah)

Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk jenjang S2 dan S3 di kampus Indonesia dan internasional terbaik dunia. Setiap tahun, aturan yang diberlakukan LPDP berbeda-beda, jadi kamu harus rajin mengecek persyaratan, biaya yang ditanggung, kampus apa saja yang masuk daftar LPDP, dan mempersiapkan dokumennya dengan baik.

Informasi lebih lanjut : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-reguler-2/

Beasiswa IFI

Pemerintah Prancis melalui Institut Prancis Indonesia memberikan beasiswa untuk S2 untuk mahasiswa Indonesia. Program ini terbuka untuk semua jurusan. Biaya yang ditanggung adalah biaya hidup senilai 700 euro, biaya kuliah dengan batas maksimal 5000 euro, biaya pembuatan VISA, akses prioritas untuk tempat tinggal.

Syarat untuk medapatkan beasiswa ini adalah warga negara Indonesia dengan usia maksimal 30 tahun, punya motivasi kuat kuliah di Prancis, memiliki ijazah S1, tidak sedang menerima beasiswa lain, serta sudah punya LoA (Surat penerimaan) dari Lembaga tinggi di Prancis.

Informasi lebih lanjut : https://www.indonesie.campusfrance.org/id/program-beasiswa-excellence-master-2019-ifi-kedutaan-besar-prancis-di-indonesia

—————————————-

Arum Faizatul Umami

Penulis 25 buku

Penerima beasiswa LPDP

Mahasiswi S2 Kesehatan Keselamatan Kerja Universitas Paris 13

Kepala Divisi Karya PPI Prancis 2019

Kamu bisa menghubungi penulis melalui :

Email : arumfaizatul@gmail.com

IG/FB/Youtube : arumfaiza

————————————-
PPI Prancis membuka kesempatan bagi mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di Prancis untuk menulis akrtikel ringan bisa berupa tips hidup, beasiswa, traveling, dll.


Artikel bisa dikirim ke alamat email: humasppiprancis@gmail.com 
dengan subjek :PPI Prancis Menulis

Penulis wajib menyertakan informasi singkat tentang penulis dan disertai beberapa foto terkait artikel.

Categories: Beasiswa

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *