Frequently Asked Questions (FAQ)

Published by Humas PPI Prancis on

Bagaimana cara mendaftarkan diri untuk studi ke Prancis?

Ada beberapa cara mendaftarkan diri untuk studi ke Prancis, bisa melalui Campus France dan IFI atau melalui agent

  1. Cara yang pertama adalah melalui Campus France dan Institut français indonésien (IFI). IFI memberikan fasilitas untuk kalian yang ingin studi di Prancis. IFI membuka kursus intensif bahasa Prancis dan juga berbagai informasi tentang apa saja yg kita butuh jika ingin melanjutkan studi di Prancis. Melalui kerja sama dengan Campus France, kalian juga bisa mendapatkan informasi mengenai seluruh persayaratan untuk berkuliah di Prancis. Kalian juga bisa langsung menghubungi Campus France terdekat jika ingin mendapatkan informasi tanpa harus mengikuti kursus bahasa Prancis. Untuk lebih lengkap nya silahkan check di link ini https://www.campusfrance.org/en
  2. Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan agen. Rata-rata agen menawarkan harga pada kisaran 200 juta rupiah (untuk seluruh biaya yang kita butuhkan untuk keberengakatan ke Prancis) agen akan membantu kita menyiapkan seluruh kebutuhan kita di Prancis. Terdapat 2 agen besar yang recommended untuk keberangkatan kuliah ke Prancis yaitu Exzellenz dan Euro Management.

Les bahasa Prancis sangat penting bagi yang ingin mendaftarkan diri di universitas dengan bahasa pengantar bahasa Prancis. Umumnya, kampus-kampus akan menerima jika kalian sudah memiliki sertifikat B2 bahasa Prancis.

Ada juga beberapa universitas di Prancis dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, namun dengan biaya kuliah yang jauh lebih mahal. Meski belajar di universitas dengan bahasa Inggris, kemampuan bahasa Prancis tetap penting untuk keperluan sehari-hari atau saat mencari peluang pekerjaan di Prancis.

Apakah ada beasiswa kuliah di Prancis?

Kami telah menulis artikel tentang beasiswa kuliah di Prancis di halaman ini. Silahkan mengunjungi halaman tersebut dan kirimkan komentar untuk info lebih lanjut.

Selain beasiswa yang sudah disebutkan di halaman tersebut, kalian bisa juga mengakses portal beasiswa yang disediakan oleh Campus France. Beberapa kampus atau perusahaan juga menyediakan beasiswa dan mungkin belum terdata oleh kami.

Bagaimana proses menuju perguruan tinggi di prancis?

Hal yg pertama yang harus dilakukan adalah, jika kalian ingin masuk universitas yang bahasa pengantarnya adalah bahasa Prancis. Kalian harus mendapatkan memiliki sertifikat bahasa Prancis minimal di B1. Sertifikat B1 bisa diperoleh melalui kursus bahasa Prancis di Indonesia maupun di Prancis. Di Indonesia, kursus tersebut dilaksanakan oleh IFI, sementara di Prancis diadakan oleh beberapa lembaga bahasa atau universitas yang tersedia di kota-kota di Prancis. Kursus biasanya diadakan selama 6 bulan atau lebih

Setelah kalian telah mendapatkan B1/B2, kalian bisa mendaftar ke universitas-universitas di Prancis. Terdapat website yag bernama “parcoursup”. Pembukaan pendaftaran umumnya diadakan pada tanggal 22 januari. Setelah kalian mendaftar di parcoursup, kalian bisa memilih universitas mana yang kalian tuju. Parcoursup akan memberikan setidaknya 11-13 pilihan universitas yag berbeda. Hak memilih kalian akan dibatasi sampai tanggal 14 maret.

Parcoursup mengharuskan para pendaftar untuk menyelesaikan atau memenuhi seluruh persyaratan yang ada di website Parcoursup. Mereka biasanya meminta nilai raport kalian di SMA (jika melanjutkan studi di L1) atau nilai saat S1 kalian, dan seluruh dokumen identitas kalian. Jangan lupa untuk menyertakan terjemahan dokumen kalian ke dalam bahasa Prancis. Waktu untuk melengkapi dokumen dibatasi hingga 4 april.

Tipe-tipe universitas di Prancis/cara masuk selain melalui Parcoursup

DEMANDE D’ADMISSION PRÉALABLE (DAP)

Demande d’admission préalable (DAP) berlaku untuk semua mahasiswa asing yang ingin mendaftar di tahun pertama S1 di universitas atau di sekolah arsitektur. Prosedur ini wajib bagi siswa asing non-Eropa yang tidak memiliki ijazah SMA dari salah satu SMA Prancis di bawah naungan AEFE.

Jika Anda tinggal di salah satu negara dengan prosedur « Études en France », proses ini dilakukan secara daring melalui situs “Etudes en France“. Jika tidak, Anda harus mengajukan permohonan Anda ke Bagian Kerjasama dan Aksi Budaya Kedutaan Besar Prancis (Service de coopération et d’action culturelle de l’Ambassade de France) di negara tempat Anda tinggal. Dossiers Blancs untuk pendaftaran universitas tahun pertama, dan Dossiers Jaunes untuk pendaftaran sekolah arsitektur tahun pertama.

Mulai langkah ini sesegera mungkin. Idealnya, sejak bulan November sebelum tahun akademik yang Anda inginkan. Periksa akun pribadi Anda secara teratur di situs web Campus France untuk menghindari keterlambatan pendaftaran.

PROSEDURE “ÉTUDES EN FRANCE

Prosedur « Études en France » berlaku bagi mahasiswa asing yang tinggal di salah satu dari 41 negara berikut ;

Aljazair, Argentina, Benin, Brasil, Burkina Faso, Burundi, Kamerun, Chili, Cina, Kolombia, Komoro, Kongo Brazzaville, Korea Selatan, Pantai Gading, Djibouti, Mesir, Gabon, Guinea, India, INDONESIA, Amerika Serikat, Iran, Jepang, Kuwait, Lebanon, Madagaskar, Mali, Maroko, Mauritius, Mauritania, Meksiko, Peru, Republik Demokratik Kongo, Senegal, Rusia, Taiwan, Togo, Tunisia, Turki, dan Vietnam.

Jika Anda tinggal di salah satu negara di atas, maka prosedur pendaftaran ini wajib untuk Anda. Semua proses dilakukan secara daring, dimulai dari proses pendaftaran hingga memperoleh visa.Temukan seluruh informasi lengkap mengenai prosedur ini melalui artikel berikut  « Anda tinggal di salah satu negara dengan prosedur  « Études en France ».

“CAMPUSART” UNTUK MENDAFTAR DI PROGRAM STUDI KESENIAN

Platform  CampusArt adalah pintu masuk untuk mendaftar bidang studi seni di Prancis. Platform ini mengelompokkan ratusan institusi yang menawarkan program dalam bidang seni, desain, mode, musik dan arsitektur, dari mulai kelas persiapan hingga jenjang doktoral.Platform Campus Art dapat diakses dari manapun di seluruh dunia. Namun demikian, prosedur ini tidak menggantikan « Études en France »  di negara-negara di mana prosedur ini berlaku. Satu file cukup untuk didaftarkan ke beberapa institusi atau beberapa program sekaligus. Biaya pendaftaran melalui aplikasi ini hanya dikenakan jika Anda diterima oleh salah satu institusi.


Referensi:

[1] https://www.indonesie.campusfrance.org/id/bagaimana-cara-mendaftar-ke-institusi-pendidikan-tinggi-di-prancis

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *