PPI Prancis mengunjungi ICID PPI Belanda

Published by Humas PPI Prancis on

ICID (International Conference on Indonesian Development) diadakan oleh PPI Belanda pada tanggal 19-21 September 2019 di Erasmus University, Rotterdam. Acara ini membawakan tema Inclusive Development in Facing Industry 4.0: Opportunities and Challenges. Konferensi yang diadakan membuka topik Perkembangan dalam menghadapi Industri 4.0. Hal yang melatarbelakangi acara ini adalah kesempatan dalam melawan tantangan-tantangan yang akan hadir dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Sehingga, konferensi ini memberikan kesempatan pelajar Indonesia untuk mempresentasikan karya ilmiah mengenai topik-topik yang bervariasi. Acara ini turut mendatangkan keynote speakers yaitu Agus H Yudhoyono dari The Yudhoyono Institute pada hari pembukaan.

Presentasi Paper dari Peserta

Presentasi karya ilmiah yang dihadirkan mencakup bidang yang luas, contohnya energi dan pangan. Pada hari kedua, terdapat sesi panel yang menghadirkan Djoko Udjianto, anggota DPR dari Komisi X serta professor dari Groningen dan pembicara ternama lainnya. Sesi panel membawakan tiga topik yaitu pemberdayaan masyarakat melalui desentralisasi dalam menghadapi revolusi industri 4.0, Menciptakan lingkungan kondusif dalam membina inovasi dan ekonomi kreatif, Keterlibatan dalam Masyarakat Terpinggirkan dalam kerangka revolusi industry 4.0 menuju pemerataan pembangunan.

Pameran Poster
Ketua PPI Prancis, Ridho Utomo (kiri) Bersama dengan Sekretaris Jendral PPI Belanda, Atika Almira (kanan)

PPI Prancis dan PPI negara lainnya diundang untuk mengikuti perlombaan karya ilmiah sejak bulan April acara ini dipromosikan. Namun, PPI Prancis belum ada yang mengajukan karya ilmiah pada ICID tahun ini. ICID 2019 merupakan konferensi kedua yang telah dilakukan oleh PPI Belanda. PPI Prancis pernah menciptakan acara serupa yaitu OKTI (Olimpiade Karya Tulis Ilmiah) terakhir pada tahun 2014. Ketua PPI Prancis menghadiri acara ICID untuk melihat keberlangsungan sesi panel dan berdiskusi untuk mendapatkan insight dalam menciptakan acara serupa di tahun yang akan datang. Kami, PPI Prancis, mengucapkan selamat atas kesuksesan acara yang telah diadakan kepengurusan PPI Belanda 2018/2019 yang dibawahi oleh Atika Almira, Sekretaris Jendral PPI Belanda. Turut kami ucapkan selamat kepada pelajar PPI Belanda yang telah berkontribusi pada acara ICID 2019. Dank je well! Merci!

www.icid.ppibelanda.org/

Categories: PPI Prancis

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *